Sabtu, 01 Desember 2012

SMP Negeri 1 Barabai Peduli Lingkungan Hidup



 Tulisan ini saya buat untuk memenuhi tugas dari guru mata pelajaran TIK. Sesuai judulnya yaitu SMP Negeri 1 Barabai Peduli Lingkungan hidup, saya ingin menunjukan bahwa siswa dan siswi dari SMP Negeri 1 Barabai peduli pada lingkungannya.


Dewasa ini begitu banyak produk-produk tekonologi yang beredar di masyarakat. Handphone, computer, kulkas, telivisi, lampu, dan lainnya.
Dan barang-barang tersebut mungkin bukanlah lagi barang langka dikalangan masyarakat. Alat-alat canggih di atas tentunya tidak akan bisa beroperasi dengan sendirinya tanpa ada “energi” penggerak mereka untuk bekerja. Di sisi lain,sesuai dengan berkembangnya zaman maka otomatis keadaan penduduk juga akan semakin bertambah yang pastinya menyebabkan penggunaan energi semakin tinggi.
Sebagian besar bahan bakar pembangkit listrik berasal dari minyak bumi dan batu bara , yang kedua-duanya itu adalah barang-barang yang tidak bisa diperbaharui, butuh jutaan bahkan milyaran tahun untuk menghasilkannya kembali, sedangkan penggunaannya kian hari kian meningkat yang tentunya membuat persediaan barang yang letaknya di perut bumi tersebut kian menipis.
Lalu apa yang kita bisa lakukan untuk mengatasinya? Apakah kita harus menunggu dihasilkannya kembali hasil pengolahan dari fosil-fosil tersebut ?tentu saja tidak,karena seperti yang sudah dikatakan diatas,butuh waktu yang sangat lama untuk menghasilkannya kembali . jadi apa yang bisa kita lakukan? Jawabannya tentu saja tidak lain dengan cara menghemat penggunaan energi. Ada banyak cara-cara sederhana yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari untuk melakukan penghematan energy,antara lain :
1.Saat siang hari gunakanlah penerangan alami seperti sinar matahari.
2.Ketika sudah selesai menggunakan alat-alat seperti  telivisi, lampu, computer ,dll segera matikan.
3.Ganti lampu bohlam dengan yang lebih hemat energy seperti lampu neon .
4.Menggunakan alat-alat yang bersifat ramah lingkungan
5.Menanam tanaman hias di dalam ruangan agar ruangan terasa sejuk, hal tersebut akan membuat penggunaan alat-alat seperti pendingin ruangan berkurang
6.Biasakan diri menggunakan listrik secara tepat,dan tidak berlebihan.
7.Bukalah jendela atau pentilasi rumah saat siang hari untuk menggantikan cahaya lampu dan penyejuk udara.
8. memilih kendaraan umum massal yang lebih efektif dan efesien dibandingkan kendaraan pribadi.
9.Jika ada suatu keperluan, jika jaraknya dekat saja, lebih baik jalan kaki atau bersepeda dibandingkan menggunakan kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil.
10.Keringkan pakaian secara alami di bawah terik sinar matahari.

Cara-cara diatas barulah sebagian kecil dari cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan lingkungan.
Sayangilah lingkungan, sediakan waktu kita untuk merawat "mereka" dan mereka akan memberikan diri mereka untuk merawat kita.

SMP Negeri 1 Barabai Peduli Lingkungan Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar